Cara Menghitung Pemakaian BBM

Mungkin sering terdengar istilah bahwa motor ini irit, mobil ini irit, dan sejenisnya. Tentunya yang dimaksud irit dalam konteks ini adalah tingkat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan tersebut terhadap jarak yang dapat ditempuhnya. Lalu bagaimana mengukur seberapa irit pemakaian BBM suatu kendaraan ?
Caranya adalah :

  1. Isi penuh kendaraan dengan BBM.
  2. Catat angka yang menunjukkan Km pada dasbor kendaraan. (C)
  3. Gunakan kendaraan seperti biasa - ingat, perilaku berkendara menentukan irit/borosnya pemakaian
  4. Isi penuh kendaraan dengan BBM, jangan lupa untuk mencatat berapa Liter BBM yang dihabiskan (A) angka ini dapat dilihat pada layar di mesin SPBU, lalu segera catat juga angka Km kendaraan sesaat setelah mengisi BBM (B)
  5. Gunakan rumus di bawah ini untuk menentukan seberapa irit (D) penggunaan BBM. Angka yang dihasilkan menunjukkan berapa jarak yang dapat ditempuh dalam penggunaan 1 Liter BBM - dengan perilaku berkendara seperti yang dilakukan pada nomor 3.


Contoh penggunaan rumus
Misal ketika pertama mengisi penuh BBM, angka Km yang ditunjukkan pada dasbor adalah 3244, kemudian setelah kendaraan digunakan dan ketika mengisi BBM lagi - angka pengisian menunjukkan 8,5 L lalu Km saat itu juga menunjukkan angka 3597,6.
Dengan kondisi seperti itu, maka tingkat konsumsi BBM adalah
= (3597,6 - 3244) Km / 8,5 L
= 41,6 Km/L.
Ini artinya 1 L BBM dapat digunakan kendaraan untuk menempuh jarak 41,6 Km.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment