Mengenal Tampilan pada PowerPoint 2007

Sebelum mengenal PowerPoint 2007 lebih jauh, ada baiknya mengenal beberapa komponen tampilan pada aplikasi ini. Apa saja ? Simak tulisan berikut ini.

Tampilan Tab, Grup, dan Panel Slide
Tab
Pada PowerPoint 2007, menu digantikan oleh tab-tab yang berada pada bagian atas aplikasi. Ada tab Home, Insert, Design, hingga tab View. Untuk mengaktifkan tab cukup dengan klik pada judul tab yang ingin diaktifan. Di dalam setiap terdapat grup-grup menu, misalnya pada tab Home terdapat grup Clipboard - yang terletak paling kiri, dan grup Editing yang terletak paling kanan.


Grup
Grup berada di dalam suatu tab, biasanya setiap grup memiliki beberapa tombol/fungsi. Tombol-tombol pada suatu grup biasanya dikelompokkan berdasarkan fungsi yang memiliki kegunaan tertentu. Misal Grup Editing pada tab Home, berisi tombol Find, Replace, dan Select, karena grup ini sering digunakan untuk mengedit suatu objek/teks.

Panel Slide
Panel ini berisi tampilan thumbnail/miniatur dari semua slide yang telah dibuat. Panel ini terletak di bagian kiri, dan terbagi menjadi dua mode, yaitu mode Slides dan Outline. Mode slides menampilkan miniatur tiap slide lengkap dengan bagan/gambar, sedangkan mode outline hanya menampilkan garis besar isi (hanya teks) dari tiap slide.

No comments:

Post a Comment